PAPER
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
LAZADA
Dosen :
Prof. Dr. Ir. Hapzi Ali, MM, CMA
Disusun Oleh
Adithya Miftah Fauzan
Chaidir Achmad
Danung Nurdiatama
Fikri Alfaizi
Hanse Paliama
Hasyaridho N
Pungki Harry Prasetyo
Rachmat Kurniawan
Reza Adiasa
FAKULTAS
EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS
MERCU BUANA
JAKARTA
ABSTRAK
Lazada
adalah salah satu online shopping mall terkemuka di Indonesia. Lazada juga
merupakan perintis e-commerce dari berbagai negara dengan pertumbuhan tercepat
di dunia (Profil Perusahaan). Metode Pembayaran Perusahaan merepakan
sistem pembayaran secara online sesuai dengan segmen perusahaan yaitu penjualan
secara e-commerce. Sebelum pembayaran dilakukan pembeli terlebih dahulu mengisi
identitas pembeli di kolom informasi pelanggan (Sistem
Pembelian). Untuk pemesanan produk lebih dari satu
item, pengirimannya bisa terpisah dan waktu pengirimannya pun berbeda karena Lazada
bekerjasama dengan supllier/merchant yang berbeda-beda (Sistem
Pengiriman). Untuk
dapat mengetahui status pesanan kita bisa melacak pesanan setiap saat dengan
cara cukup dengan klik "order traccking" di halaman web Lazada.co.id
kemudian masukkan nomor pesanan dan e-mail, lalu klik "track" untuk memeriksa
status pemesanan kita (Melacak Pesanan). Lazada
menerapkan kebijakan biaya pengiriman atau ongkos kirim yang adil dan
kompetitif (Biaya Pengiriman). Khusus untuk produk luar negeri tidak
ada garansi pemanufaktur sehingga sangat disarankan untuk mencari tahu proses
pemanufaktur atau tempat servis sebelum melakukan pembelian (Kebijakan Produk Luar Negeri). Pengembalian
produk dimulai dengan mengisi formulir pengembalian online. Untuk dapat mengisi
formulir pengembalian kita diiharuskan untuk login ke akun Lazada (Pengembalian Produk). Voucher hanya bisa digunakan pada saat
konfirmasi pesanan. Lazada tidak bisa menambahkan voucher ke dalam sistem
sehingga kita harus memasukkan kode voucher di langkah pembayaran selama
konfirmasi pesanan (Voucher dan Promosi). Lazada juga
menggunakan enkripsi dengan menggunakan Secure Socket Layer (SSL) coding yang
diklaim oleh operator situs bahwa dapat menjamin keamanan 100% dari pencurian
oleh cracker (Keamanan).
LATAR BELAKANG
LATAR BELAKANG
Selama
tahun 2012, sebanyak 88,1% pengguna internet berusia 14 tahun ke atas di negeri
Paman Sam (Amerika Serikat) akan mencari produk melalui web.Pembeli produk
online akan mencapai 154,6 juta atau mengalami peningkatan 4,4% dibandingkan
tahun 2011. Di bidang e-commerce, sebanyak 26% pengguna internet akan
menghabiskan waktunya untuk melakukan reservasi perjalanan dan wisata, membeli
peranti elektronik (27%), membeli tiket pesawat (32%), dan membeli pakaian
(36%). Situs e-commerce kini semakin banyak di Indonesia, tentu ini kabar baik
bagi para netter yang sehari-hari menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar
komputer karena tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja. Situs e-commerce
merupakan situs yang bermanfaat sebagai tempat jual beli barang dan jasa baik
fisik maupun digital. Situs e-commerce di Indonesia diprediksi oleh banyak
pengamat bahwa akan mengalami kemajuan yang pesat. Situs e-commerce kini
menjadi pilihan bagi masayarakat karena kenyamanannya, artinya tidak perlu
keluar ke pusat pertokoan, barang sudah bisa dibeli dan langsung diantar
kerumah. Situs e-commerce menjual barang yang bermacam-macam, mulai dari
perangkat elektronik, gadget, buku, produk fashion, hingga voucher diskon.Dalam
situs e-commerce tersebut, Anda bisa berbelanja secara online kapan saja dan
dimana saja Anda mau. Apabila Anda berniat untuk berbelanja secara online,
biasanya Anda harus membuat akun dulu pada situs e-commerce yang bersangkutan.
Karena seluruh barang belanjaan harus masuk dalam cart terlebihdulu, baru selanjutnya
dibayar dan dikirim. Jika Anda malas keluar rumah atau jalan-jalan di mall,
lebih baik buka situs e-commerce, tanpa antri, tanpa macet, tau-tau barang yang
dipesan sudah sampai di rumah. Dari beberapa situs e-commerce di atas akan
sangat berguna bagi Anda yang ingin melakukan aktifitas jual beli online.
Dengan percepatan teknologi dewasa ini membuat segala sesuatunya dapat berjalan
dengan mudah dan efisien, peranan manusia semakin dibantu dan dipermudah, hal
tersebut sangat berdampak sekali dengan semakin mudahnya orang dalam melaksanakan
tugasnya teknologi
Teknologi
internet semakin banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang ingin agar
usahanya untuk dapat dikenal diseluruh dunia, tanpa harus melakukan ekspansi ke
negara lain, dan yang pasti investasi yang dibutuhkan untuk ekspansi itu
sendiri juga sangatlah mahal, maka dari itu perusahaan cukup dengan melakukan
promosi lewat intemet maka perusahaan tersebut dapat langsung dikenal luas.
Penggunaan transaksi pembayaran yang dilakukan dapat juga melalui Internet,
yang kemudian konsep ini dikenal dengan e-commerce, yaitu melakukan transaksi
perdagangan secara online. Dengan e-commerce maka rumitnya birokrasi
administrasi dan pembayaran dapat dihapus. Konsep e-commerce itu sendiri
menjadikan kegiatan bertransaksi dapat berjalan dengan mudah dan cepat, serta
yang terpenting adalah menumbuhkan kepercayaan pembeli untuk dapat melakukan
transaksi tersebutdengan jaminan keamanan jaringan Intemet yang betul-betul
aman, disamping masalah desain web serta produk yang ditawarkan termasuk profil
perusahaan, sehingga konsumen dapat tertarik untuk masuk ke website perusahaan
dan selanjutnya melakukan transaksi online.
RUANG LINGKUP
Penulisan
Dalam tugas kelompok ini, kami membahas tentang bagaimana sistem e-commerce
berjalan pada perusahaan Lazada. Bagaimana proses yang terjadi dan bagaimana
kelebihan serta kekurangan dari sistem Lazada secara keseleuruhan.
PROFIL PERUSAHAAN
Lazada
adalah salah satu online shopping mall terkemuka di Indonesia. Lazada juga
merupakan perintis e-commerce dari berbagai negara dengan pertumbuhan tercepat
di dunia. Lazada menggunakan teknologi enkripsi 128-bit SSL saat memproses
rincian keuangan (secure socket layer/SSL: adalah cara sebuah situs web membuat
sambungan aman dengan browser web pengguna). Enkripsi 128 – bit SSL membutuhkan
waktu sekurang-kurangnya satu triliun tahun untuk dipecahkan, dan merupakan
standar dalam industri. Perdagangan di Lazada menggunakan sistem ERP
(Enterprise resource planning) yaitu menggunakan beberapa database dan
menggunakan banyak server untuk membackup semua enkripsi ataupun data-data
transaksinya.
Produk-produk
yang ditawarkan di Lazada mulai dari kategori fashion, peralatan elektronik,
peralatan rumah tangga, peralatan olahraga, mainan anak-anak dan sebagainya.
Untuk memuaskan para pelanggan, Lazada menawarkan beberapa pembayaran pilihan,
pengembalian gratis, layanan konsumen dan garansi komitmen. Lazada.co.id bukan
hanya sekedar toko online di Indonesia, tetapi juga mempunyai prioritas untuk
menciptakan pengalaman berbelanja online terbaik untuk seluruh pelanggan di Indonesia.
Lazada.co.id
merupakan bagian dari Lazada Group yang beroperasi bukan hanya di Indonesia
saja melainkan ada di beberapa negara yaitu Malaysia, Singapura, Filipina,
Thailand, Vietnam. Tujuan utama Lazada.co.id adalah untuk memenuhi kebutuhan
berbelanja pelanggan. di Lazada menyediakan berbagai produk branded baik brand
lokal maupun Internasional. Selain itu, pelanggan juga akan ditawarkan berbagai
produk yang hadir secara eksklusif melalui Lazada. Semua produk di Lazada
dijamin keaslian dan kulitasnya. Apabila terjadi kasus yang sebaliknya, maka
produk bisa dikembalikan dalam jangka waktu 14 hari dan menerima pengembalian
uang sepenuhnya. Hal ini termasuk dalam Program Perlindungan Pelanggan.
SISTEM PEMBELIAN DI LAZADA
Metode
Pembayaran Perusahaan merepakan sistem pembayaran secara online sesuai dengan
segmen perusahaan yaitu penjualan secara e-commerce. Sebelum pembayaran
dilakukan pembeli terlebih dahulu mengisi identitas pembeli di kolom informasi
pelanggan. Kolom informasi pelanggan berisi Alamat penagihan, email, password
email, nama depan, nomor ponsel, nomor lainnya, tanggal lahir, jenis kelamin,
jenis alamat (apakah alat yang dituju adalah alamat kantor atau alamat rumah),
alamat, provinsi, kota, kode pos, kecamatan atau kelurahan. Kemudian pembeli
yang melakukan transaksi di dalam Lazada dapa tmenggunakan e-credit cards
sebagai alat pembayaran.
Sistem pembayaran
pertama melalui e-credit cards yang dapat dilakukan melalui kartu kredit yang dikeluarkan
oleh Visa dan Master Cards. Sistem pembayaran kedua adalah bank transfers,
dimana pembeli dapatmenggunakan sistem transfer melalui 2 rekening yang
tersedia yaitu Bank BCA dan Bank Mandiri. Lazada juga memberikan kemudahan
kepada pembeli yang berasal dari Jabodetabek secara umumnya dan Jakarta secara
khususnya dapat dilayani dengan sistem Cash On Delivery. pembayaranpertama
melalui e-credit cards yang dapat dilakukan melalui kartu kredit
yangdikeluarkan oleh Visa dan Master Cards. Sistem pembayaran kedua adalah bank
transfers, dimana pembeli dapatmenggunakan sistem transfer melalui 2 rekening
yang tersedia yaitu Bank BCA dan Bank Mandiri. Lazada juga memberikan kemudahan
kepada pembeli yang berasal dari Jabodetabek secara umumnya dan Jakarta secara
khususnya dapat dilayani dengan sistem Cash On Delivery.
SISTEM PENGIRIMAN BARANG
Ketika
kita berhasil melakukan pemesanan, Customer Service Lazada akan melakukan
proses verifikasi dan akan memberitahukan informasi kepada kita melalui sms
atau e-mail. Untuk pemesanan produk lebih dari satu item, pengirimannya bisa
terpisah dan waktu pengirimannya pun berbeda karena Lazada bekerjasama dengan
supllier/merchant yang berbeda-beda. Sementara untuk produk internasional yang
dikirimkan dari supplier atau merchant luar negeri membutuhkan estimasi waktu
pengiriman 55 hari kalender sedangkan untuk produk retail dan market place
dapat dilihat pada keterangan estimasi masing-masing produk. Terkait dengan
penjadwalan pengiriman, kurir di Lazada tidak dapat menjadwalkan pengiriman
sehingga Lazada tidak dapat menjamin pengiriman pesanan anda di tanggal dan jam
yang ditentukan. Pengiriman dilakukan setiap hari kecuali hari Sabtu, Minggu,
dan hari libur nasional. Estimasi pengiriman tergantung dari wilayah pengiriman
pesanan dan supplier dari produk yang dipesan serta penjadwalan dari partner
kurir logistic Lazada. Jika ada permintaan pembatalan maka harus menghubungi
http://www.Lazada.co.id/contact/. untuk segera ditindak lanjut. Khusus untuk
produk internasional tidak diperbolehkan melakukan pembatalan pemesanan. Dan
ketika barang sudah sampai di lokasi pengiriman tetapi misal kita sedang pergi
(tidak di lokasi tersebut) maka kita harus menyiapkan surat kuasa sebagai
konfirmasi dan menyatakan pihak lain sebagai penerima pesanan. Saat ini Lazada
bekerja sama dengan 5 perusahaan logistic: JNE, RPX, First Logistic, Pandu
Logistic dan TIKI dan Lazada juga memiliki kurir internal sendiri yaitu Lazada
Express (LEX) untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan.
MELACAK PESANAN
Untuk
dapat mengetahui status pesanan kita bisa melacak pesanan setiap saat dengan
cara:
1. Buka
www.Lazada.co.id/order-tracking
2.
Masukkan nomor pesanan dan alamat e-mail
3.
Klik "Periksa Sekarang" untuk
memproses
Atau
bisa juga cukup dengan klik "order
traccking" di halaman web Lazada.co.id kemudian masukkan nomor
pesanan dan e-mail, lalu klik "track" untuk memeriksa status
pemesanan kita.
BIAYA PENGIRIMAN
Lazada
menerapkan kebijakan biaya pengiriman atau ongkos kirim yang adil dan
kompetitif. Bahwa untuk setiap produk yang dibeli dari zona yang sama dengan
tempat tinggal atau lokasi pengiriman maka akan mendapatkan gratis biaya
pengiriman. Selain itu Lazada juga membagi wilayah cakupan ke dalam 3 bagian
yaitu:
Zona 1 : Wilayah
JABODETABEK (biaya ditentukan sesuai berat produk)
·
Customer zona 1 membeli dari seller zona
1, jika berat < 7kg maka pengiriman gratis.
·
Customer zona 1 membeli dari seller zona
2 atau 3, pengiiriman dibayarkan oleh customer.
Zona 2 : Wilayah
Jawa Timur (biaya ditentukan sesuai berat produk)
·
Customer zona 2 membeli dari seller zona
2, jika berat < 7kg maka pengiriman gratis.
·
Customer zona 2 membeli dari seller zona
1 atau 3, pengiriman dibayarkan oleh customer.
Seluruh wilayah di luar cakupan zona 1 dan 2 : dikenakan biaya pengiriman.
KEBIJAKAN PRODUK LUAR NEGERI
Khusus
untuk produk luar negeri tidak ada garansi pemanufaktur sehingga sangat
disarankan untuk mencari tahu proses pemanufaktur atau tempat servis sebelum
melakukan pembelian. Kita bisa mengidentifikasi produk tersebut dengan melihat
tanda "penjual internasional" atau "dikirim dari luar
negeri" yang dicantumkan pada halaman produk. Semua produk import dari Lazada
tidak dikenakan biaya tambahan dari pelanggan (pajak). Jika ingin membatalkan
pemesanan produk luar negeri maka ada ketentuan yang harus dipenuhi: jika
pesanan sudah tidak dipenjual lagi dan pesanan sudah dikirim dari penjual maka
pesanan tidak boleh dibatalkan. Jika pengiriman telah melampaui estimasi maka
konsumen memiliki waktu 7 hari kalender untuk melakukan klaim pengembalian uang
untuk pesanan. Hal-hal yang harus diperhatikan saat membeli produk-produk luar
negeri :
1. Kondisi
garansi bergantung pada jenis produk, sehingga diharapkan untuk mengecek
halaman produk untuk detail yang lebih lanjut.
2. Petunjuk,
instruksi dll tidak tersedia dalam bahasa Indonesia.
3. Produk
mungkin tidak didesain sesuai standar pelabelan di Indonesia.
4. Produk
mungkin tidak menggunakan voltase dan standar kelistrikan di Indonesia.
Untuk memeriksa garansi produk, kita bisa melihat di kartu garansi di dalam paket kita. Dan untuk memperbaiki produk maka kita bisa mengirimkan produk ke pusat garansi yang tertera di kartu garansi kita. Peta pusat garansi bisa dilihat di www.Lazada.co.id/service-center
PENGEMBALIAN PRODUK
Pengembalian
produk dimulai dengan mengisi formulir pengembalian online. Untuk dapat mengisi
formulir pengembalian kita diiharuskan untuk login ke akun Lazada. Setelah
mengisi formulir langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:
Seluruh produk
yang dijual di Lazada Indonesia dijamin 100% Perlindungan Pembeli dan/atau
Jaminan Kepuasan.
Adapun
persyaratan pengembalian yang sah antaralain:
1.
Bukti Pembelian
2.
Rincian bank dalam Formulir pengembalian
jika pembayaran melalui bank transfer.
3.
Sertakan formulir pengembalian dalam
bentuk cetak di setiap paket pengembalian.
4.
Alasan pengembalian harus bersifat sah
dan persetujuan pengembalian barang terpenuhi.
Kita
bisa memeriksa status pengembalian kita di "status order" Lazada.
Kemudian proses pengembalian dimulai setelah pihak Lazada menyelesaikan proses
evaluasi produk yang kita kembalikan. Kita akan menerima sms/email ketika
proses tersebut telah selesai.
VOUCHER DAN PROMOSI
Voucher
hanya bisa digunakan pada saat konfirmasi pesanan. Lazada tidak bisa
menambahkan voucher ke dalam sistem sehingga kita harus memasukkan kode voucher
di langkah pembayaran selama konfirmasi pesanan. Sebagai catatan, kita hanya
bisa menggunakan 1 voucher per transaksi. Sementara itu, untuk dapat mengetahui
tentang promosi penjualan Lazada kita bisa mendaftar newsletter Lazada. Disitu
kita bisa mendapatkan informasi tentang produk terbaru dan kita bisa menikmati
penawaran eklusif. Lazada juga menawarkan pelayanan Marketplace yaitu penjual
yang memasarkan atau menjual produknya di Lazada dan memproses pesanan. Selain
itu, penjual juga menyediakan berbagai produk, harga dan informasi dari produk.
KEAMANAN
Pihak Lazada
telah mengantisipasi mengantisipasi kemungkinan masalahkeamanan yang berkaitan
dengan tercurinya database mereka denganmenggunakan firewall pada sistemnya.
Kemudian pihak Lazada juga menggunakan enkripsi dengan menggunakan Secure
Socket Layer (SSL) coding yang diklaim oleh operator situs bahwa dapat menjamin
keamanan 100% dari pencurian oleh cracker. Oleh karena itu users dihimbau untuk
tidak mengirimkan rincian lengkap kartu kredit dan debit di enkripsi komunikasi
elektronik.
KESIMPULAN
Lazada.co.id
baru berdiri sekitar 3 tahun. Tetapi jika dilihat dari kesuksesan yang diraih
perusahaan bagaimana kita melihat isi dari website mereka, terlihat lebih
banyak barang yang ditawarkan. Memang ini masih sangat jauh, karena sistem dari
Lazada sendiri yang lebih berfokus kepada regional, tidak seperti amazon yang
bisa melayani seluruh dunia. Lazada lebih banyak disebar diberbagai negara,
dimana untuk wilayah asia tenggara, Indonesia lah yang menjadi cabang pertama
dari Lazada. Keunggulan Lazada adalah mereka berfokus kepada daerah layanan mereka
sendiri yang lebih bersifat regional, seperti Lazada ID berfokus kepada pelayanan
kepada konsumen diseluruh Indonesia.
Walaupun
mengalami hambatan dalam melakukan penjualan di awal-awal pembentukan Lazada
Indonesia, pihak Lazada sangat merespon dengan sangat baik dengan melakukan
berbagai promo untuk menaikkan keinginan masyarakat berbelanja di dalam situs
mereka. Sehingga jika melihat kesuksesan yang diraih oleh Lazada kita dapat
menyimpulkan bahwa, sistem e-commerce yang dibawa oleh perusahaan rocket
internet dengan anak perusahaanya yaitu Lazada sangat diminati oleh para
konsumen. Kenaikan penjualan disebabkan karena tersedianya beraneka ragam
kebutuhan elektronik dan kebutuhan lainnya yang menjadi segmen penjualan
perusahaan, tidak memerlukan proses yang rumit dalam melakukan pembayaran dan
konsumen diberikan kemudahan dengan pihan pembayaran dengan syarat danketentuan
yang berlaku, dan dilayani dengan sistem pengiriman yang baik sehingga
pelanggan yakin bahwa barang yang diterimanya selamat sampaiditujuan disamping
vallue added lainnya seperti kemudahan yang didapatkan oleh konsumen yaitu bisa
berbelanja hanya melalui komputer, serta memberikan pengalaman yang berbeda
dibandingkan berbelanja pada toko secara fisik.
DAFTAR PUSTAKA
http://irvanarifsanianto.blogspot.co.id/2014/11/perusahaan-lazada.html
http://yannimargo.blogspot.co.id/2013/12/e-commers-dan-sistem-informasi.html
http://pengertianxyz.blogspot.co.id/2015/06/analisis-website-e-commerce-lazadacoid.html
https://unindrax1eione.wordpress.com/e-commerce/definisicontoh-dan-dampak-e-commerce/
http://octianaeni.blogspot.co.id/2013/10/apa-itu-e-commerce.html
DAFTAR PUSTAKA
http://irvanarifsanianto.blogspot.co.id/2014/11/perusahaan-lazada.html
http://yannimargo.blogspot.co.id/2013/12/e-commers-dan-sistem-informasi.html
http://pengertianxyz.blogspot.co.id/2015/06/analisis-website-e-commerce-lazadacoid.html
https://unindrax1eione.wordpress.com/e-commerce/definisicontoh-dan-dampak-e-commerce/
http://octianaeni.blogspot.co.id/2013/10/apa-itu-e-commerce.html
Find latest deals and discount for online shopping using Kode Voucher Lazada
ReplyDeleteApakah benar pihak lazada memberikan hadiah kepada pelanggan lazada?, saya telah mandapat sms yg mengatasnamakan lazada,bahwa saya mendapatkan cek sebesar 175 jt
ReplyDeleteApakah benar pihak lazada memberikan hadiah kepada pelanggan lazada?, saya telah mandapat sms yg mengatasnamakan lazada,bahwa saya mendapatkan cek sebesar 175 jt
ReplyDeleteGreat post. Thanks for sharing this. For online shopping discount codes please try Flipkart Vouchers for buying any product online. I tried it and get 40% Discount on my all products. Try this. Its amazing.
ReplyDeleteKemaren pesanan meja laptop lipat portable (toko SUKSESBERSAMA) sampai, tapi barang beda dengan yg saya pesan.
ReplyDeleteLapor via aplikasi Lazada, enggak bisa keluar formulirnya, vie email Lazada (support@lazada.co.id) ... enggak bisa kekirim ...
Alamat SUKSESMAKMUR tidak tercantum, adanya cuma HP (0858 9142 9773)
Gimana cara menukar barang tersebut ?
Apa minta tolong ke : sosmed ? Youtube ? YLKI ?
Biar rame ...