Sunday, 8 January 2017

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN LAZADA

PAPER
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
LAZADA



Dosen :
Prof. Dr. Ir. Hapzi Ali, MM, CMA

Disusun Oleh
Adithya Miftah Fauzan

Chaidir Achmad

Danung Nurdiatama

Fikri Alfaizi

Hanse Paliama

Hasyaridho N

Pungki Harry Prasetyo

Rachmat Kurniawan

Reza Adiasa


FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS MERCU BUANA
JAKARTA



ABSTRAK
Lazada adalah salah satu online shopping mall terkemuka di Indonesia. Lazada juga merupakan perintis e-commerce dari berbagai negara dengan pertumbuhan tercepat di dunia (Profil Perusahaan). Metode Pembayaran Perusahaan merepakan sistem pembayaran secara online sesuai dengan segmen perusahaan yaitu penjualan secara e-commerce. Sebelum pembayaran dilakukan pembeli terlebih dahulu mengisi identitas pembeli di kolom informasi pelanggan (Sistem Pembelian). Untuk pemesanan produk lebih dari satu item, pengirimannya bisa terpisah dan waktu pengirimannya pun berbeda karena Lazada bekerjasama dengan supllier/merchant yang berbeda-beda (Sistem Pengiriman). Untuk dapat mengetahui status pesanan kita bisa melacak pesanan setiap saat dengan cara cukup dengan klik "order  traccking" di halaman web Lazada.co.id kemudian masukkan nomor pesanan dan e-mail, lalu klik "track" untuk memeriksa status pemesanan kita (Melacak Pesanan). Lazada menerapkan kebijakan biaya pengiriman atau ongkos kirim yang adil dan kompetitif (Biaya Pengiriman). Khusus untuk produk luar negeri tidak ada garansi pemanufaktur sehingga sangat disarankan untuk mencari tahu proses pemanufaktur atau tempat servis sebelum melakukan pembelian (Kebijakan Produk Luar Negeri). Pengembalian produk dimulai dengan mengisi formulir pengembalian online. Untuk dapat mengisi formulir pengembalian kita diiharuskan untuk login ke akun Lazada (Pengembalian Produk). Voucher hanya bisa digunakan pada saat konfirmasi pesanan. Lazada tidak bisa menambahkan voucher ke dalam sistem sehingga kita harus memasukkan kode voucher di langkah pembayaran selama konfirmasi pesanan (Voucher dan Promosi). Lazada juga menggunakan enkripsi dengan menggunakan Secure Socket Layer (SSL) coding yang diklaim oleh operator situs bahwa dapat menjamin keamanan 100% dari pencurian oleh cracker (Keamanan).

LATAR BELAKANG
Selama tahun 2012, sebanyak 88,1% pengguna internet berusia 14 tahun ke atas di negeri Paman Sam (Amerika Serikat) akan mencari produk melalui web.Pembeli produk online akan mencapai 154,6 juta atau mengalami peningkatan 4,4% dibandingkan tahun 2011. Di bidang e-commerce, sebanyak 26% pengguna internet akan menghabiskan waktunya untuk melakukan reservasi perjalanan dan wisata, membeli peranti elektronik (27%), membeli tiket pesawat (32%), dan membeli pakaian (36%). Situs e-commerce kini semakin banyak di Indonesia, tentu ini kabar baik bagi para netter yang sehari-hari menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar komputer karena tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja. Situs e-commerce merupakan situs yang bermanfaat sebagai tempat jual beli barang dan jasa baik fisik maupun digital. Situs e-commerce di Indonesia diprediksi oleh banyak pengamat bahwa akan mengalami kemajuan yang pesat. Situs e-commerce kini menjadi pilihan bagi masayarakat karena kenyamanannya, artinya tidak perlu keluar ke pusat pertokoan, barang sudah bisa dibeli dan langsung diantar kerumah. Situs e-commerce menjual barang yang bermacam-macam, mulai dari perangkat elektronik, gadget, buku, produk fashion, hingga voucher diskon.Dalam situs e-commerce tersebut, Anda bisa berbelanja secara online kapan saja dan dimana saja Anda mau. Apabila Anda berniat untuk berbelanja secara online, biasanya Anda harus membuat akun dulu pada situs e-commerce yang bersangkutan. Karena seluruh barang belanjaan harus masuk dalam cart terlebihdulu, baru selanjutnya dibayar dan dikirim. Jika Anda malas keluar rumah atau jalan-jalan di mall, lebih baik buka situs e-commerce, tanpa antri, tanpa macet, tau-tau barang yang dipesan sudah sampai di rumah. Dari beberapa situs e-commerce di atas akan sangat berguna bagi Anda yang ingin melakukan aktifitas jual beli online. Dengan percepatan teknologi dewasa ini membuat segala sesuatunya dapat berjalan dengan mudah dan efisien, peranan manusia semakin dibantu dan dipermudah, hal tersebut sangat berdampak sekali dengan semakin mudahnya orang dalam melaksanakan tugasnya teknologi
Teknologi internet semakin banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang ingin agar usahanya untuk dapat dikenal diseluruh dunia, tanpa harus melakukan ekspansi ke negara lain, dan yang pasti investasi yang dibutuhkan untuk ekspansi itu sendiri juga sangatlah mahal, maka dari itu perusahaan cukup dengan melakukan promosi lewat intemet maka perusahaan tersebut dapat langsung dikenal luas. Penggunaan transaksi pembayaran yang dilakukan dapat juga melalui Internet, yang kemudian konsep ini dikenal dengan e-commerce, yaitu melakukan transaksi perdagangan secara online. Dengan e-commerce maka rumitnya birokrasi administrasi dan pembayaran dapat dihapus. Konsep e-commerce itu sendiri menjadikan kegiatan bertransaksi dapat berjalan dengan mudah dan cepat, serta yang terpenting adalah menumbuhkan kepercayaan pembeli untuk dapat melakukan transaksi tersebutdengan jaminan keamanan jaringan Intemet yang betul-betul aman, disamping masalah desain web serta produk yang ditawarkan termasuk profil perusahaan, sehingga konsumen dapat tertarik untuk masuk ke website perusahaan dan selanjutnya melakukan transaksi online.

RUANG LINGKUP
Penulisan Dalam tugas kelompok ini, kami membahas tentang bagaimana sistem e-commerce berjalan pada perusahaan Lazada. Bagaimana proses yang terjadi dan bagaimana kelebihan serta kekurangan dari sistem Lazada secara keseleuruhan.

PROFIL PERUSAHAAN
Lazada adalah salah satu online shopping mall terkemuka di Indonesia. Lazada juga merupakan perintis e-commerce dari berbagai negara dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Lazada menggunakan teknologi enkripsi 128-bit SSL saat memproses rincian keuangan (secure socket layer/SSL: adalah cara sebuah situs web membuat sambungan aman dengan browser web pengguna). Enkripsi 128 – bit SSL membutuhkan waktu sekurang-kurangnya satu triliun tahun untuk dipecahkan, dan merupakan standar dalam industri. Perdagangan di Lazada menggunakan sistem ERP (Enterprise resource planning) yaitu menggunakan beberapa database dan menggunakan banyak server untuk membackup semua enkripsi ataupun data-data transaksinya.
Produk-produk yang ditawarkan di Lazada mulai dari kategori fashion, peralatan elektronik, peralatan rumah tangga, peralatan olahraga, mainan anak-anak dan sebagainya. Untuk memuaskan para pelanggan, Lazada menawarkan beberapa pembayaran pilihan, pengembalian gratis, layanan konsumen dan garansi komitmen. Lazada.co.id bukan hanya sekedar toko online di Indonesia, tetapi juga mempunyai prioritas untuk menciptakan pengalaman berbelanja online terbaik untuk seluruh pelanggan di Indonesia.
Lazada.co.id merupakan bagian dari Lazada Group yang beroperasi bukan hanya di Indonesia saja melainkan ada di beberapa negara yaitu Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Vietnam. Tujuan utama Lazada.co.id adalah untuk memenuhi kebutuhan berbelanja pelanggan. di Lazada menyediakan berbagai produk branded baik brand lokal maupun Internasional. Selain itu, pelanggan juga akan ditawarkan berbagai produk yang hadir secara eksklusif melalui Lazada. Semua produk di Lazada dijamin keaslian dan kulitasnya. Apabila terjadi kasus yang sebaliknya, maka produk bisa dikembalikan dalam jangka waktu 14 hari dan menerima pengembalian uang sepenuhnya. Hal ini termasuk dalam Program Perlindungan Pelanggan.

SISTEM PEMBELIAN DI LAZADA
Metode Pembayaran Perusahaan merepakan sistem pembayaran secara online sesuai dengan segmen perusahaan yaitu penjualan secara e-commerce. Sebelum pembayaran dilakukan pembeli terlebih dahulu mengisi identitas pembeli di kolom informasi pelanggan. Kolom informasi pelanggan berisi Alamat penagihan, email, password email, nama depan, nomor ponsel, nomor lainnya, tanggal lahir, jenis kelamin, jenis alamat (apakah alat yang dituju adalah alamat kantor atau alamat rumah), alamat, provinsi, kota, kode pos, kecamatan atau kelurahan. Kemudian pembeli yang melakukan transaksi di dalam Lazada dapa tmenggunakan e-credit cards sebagai alat pembayaran.
Sistem pembayaran pertama melalui e-credit cards yang dapat dilakukan melalui kartu kredit yang dikeluarkan oleh Visa dan Master Cards. Sistem pembayaran kedua adalah bank transfers, dimana pembeli dapatmenggunakan sistem transfer melalui 2 rekening yang tersedia yaitu Bank BCA dan Bank Mandiri. Lazada juga memberikan kemudahan kepada pembeli yang berasal dari Jabodetabek secara umumnya dan Jakarta secara khususnya dapat dilayani dengan sistem Cash On Delivery. pembayaranpertama melalui e-credit cards yang dapat dilakukan melalui kartu kredit yangdikeluarkan oleh Visa dan Master Cards. Sistem pembayaran kedua adalah bank transfers, dimana pembeli dapatmenggunakan sistem transfer melalui 2 rekening yang tersedia yaitu Bank BCA dan Bank Mandiri. Lazada juga memberikan kemudahan kepada pembeli yang berasal dari Jabodetabek secara umumnya dan Jakarta secara khususnya dapat dilayani dengan sistem Cash On Delivery.

SISTEM PENGIRIMAN BARANG
Ketika kita berhasil melakukan pemesanan, Customer Service Lazada akan melakukan proses verifikasi dan akan memberitahukan informasi kepada kita melalui sms atau e-mail. Untuk pemesanan produk lebih dari satu item, pengirimannya bisa terpisah dan waktu pengirimannya pun berbeda karena Lazada bekerjasama dengan supllier/merchant yang berbeda-beda. Sementara untuk produk internasional yang dikirimkan dari supplier atau merchant luar negeri membutuhkan estimasi waktu pengiriman 55 hari kalender sedangkan untuk produk retail dan market place dapat dilihat pada keterangan estimasi masing-masing produk. Terkait dengan penjadwalan pengiriman, kurir di Lazada tidak dapat menjadwalkan pengiriman sehingga Lazada tidak dapat menjamin pengiriman pesanan anda di tanggal dan jam yang ditentukan. Pengiriman dilakukan setiap hari kecuali hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Estimasi pengiriman tergantung dari wilayah pengiriman pesanan dan supplier dari produk yang dipesan serta penjadwalan dari partner kurir logistic Lazada. Jika ada permintaan pembatalan maka harus menghubungi http://www.Lazada.co.id/contact/. untuk segera ditindak lanjut. Khusus untuk produk internasional tidak diperbolehkan melakukan pembatalan pemesanan. Dan ketika barang sudah sampai di lokasi pengiriman tetapi misal kita sedang pergi (tidak di lokasi tersebut) maka kita harus menyiapkan surat kuasa sebagai konfirmasi dan menyatakan pihak lain sebagai penerima pesanan. Saat ini Lazada bekerja sama dengan 5 perusahaan logistic: JNE, RPX, First Logistic, Pandu Logistic dan TIKI dan Lazada juga memiliki kurir internal sendiri yaitu Lazada Express (LEX) untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan.

MELACAK PESANAN
Untuk dapat mengetahui status pesanan kita bisa melacak pesanan setiap saat dengan cara:
1.      Buka  www.Lazada.co.id/order-tracking
2.      Masukkan nomor pesanan dan alamat e-mail
3.      Klik "Periksa Sekarang" untuk memproses
Atau bisa juga cukup dengan klik "order  traccking" di halaman web Lazada.co.id kemudian masukkan nomor pesanan dan e-mail, lalu klik "track" untuk memeriksa status pemesanan kita.

BIAYA PENGIRIMAN
Lazada menerapkan kebijakan biaya pengiriman atau ongkos kirim yang adil dan kompetitif. Bahwa untuk setiap produk yang dibeli dari zona yang sama dengan tempat tinggal atau lokasi pengiriman maka akan mendapatkan gratis biaya pengiriman. Selain itu Lazada juga membagi wilayah cakupan ke dalam 3 bagian yaitu:

Zona 1 : Wilayah JABODETABEK (biaya ditentukan sesuai berat produk)
·         Customer zona 1 membeli dari seller zona 1, jika berat < 7kg maka pengiriman gratis.
·         Customer zona 1 membeli dari seller zona 2 atau 3, pengiiriman dibayarkan oleh customer.
Zona 2 : Wilayah Jawa Timur (biaya ditentukan sesuai berat produk)
·         Customer zona 2 membeli dari seller zona 2, jika berat < 7kg maka pengiriman gratis.
·         Customer zona 2 membeli dari seller zona 1 atau 3, pengiriman dibayarkan oleh customer.

Seluruh wilayah di luar cakupan zona 1 dan 2 : dikenakan biaya pengiriman.

KEBIJAKAN PRODUK LUAR NEGERI
Khusus untuk produk luar negeri tidak ada garansi pemanufaktur sehingga sangat disarankan untuk mencari tahu proses pemanufaktur atau tempat servis sebelum melakukan pembelian. Kita bisa mengidentifikasi produk tersebut dengan melihat tanda "penjual internasional" atau "dikirim dari luar negeri" yang dicantumkan pada halaman produk. Semua produk import dari Lazada tidak dikenakan biaya tambahan dari pelanggan (pajak). Jika ingin membatalkan pemesanan produk luar negeri maka ada ketentuan yang harus dipenuhi: jika pesanan sudah tidak dipenjual lagi dan pesanan sudah dikirim dari penjual maka pesanan tidak boleh dibatalkan. Jika pengiriman telah melampaui estimasi maka konsumen memiliki waktu 7 hari kalender untuk melakukan klaim pengembalian uang untuk pesanan. Hal-hal yang harus diperhatikan saat membeli produk-produk luar negeri :
1.   Kondisi garansi bergantung pada jenis produk, sehingga diharapkan untuk mengecek halaman produk untuk detail yang lebih lanjut.
2.   Petunjuk, instruksi dll tidak tersedia dalam bahasa Indonesia.
3.   Produk mungkin tidak didesain sesuai standar pelabelan di Indonesia.
4.   Produk mungkin tidak menggunakan voltase dan standar kelistrikan di Indonesia.

Untuk memeriksa garansi produk, kita bisa melihat di kartu garansi di dalam paket kita. Dan untuk memperbaiki produk maka kita bisa mengirimkan produk ke pusat garansi yang tertera di kartu garansi kita. Peta pusat garansi bisa dilihat di www.Lazada.co.id/service-center

PENGEMBALIAN PRODUK
Pengembalian produk dimulai dengan mengisi formulir pengembalian online. Untuk dapat mengisi formulir pengembalian kita diiharuskan untuk login ke akun Lazada. Setelah mengisi formulir langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:

Seluruh produk yang dijual di Lazada Indonesia dijamin 100% Perlindungan Pembeli dan/atau Jaminan Kepuasan.

Adapun persyaratan pengembalian yang sah antaralain:
1.      Bukti Pembelian
2.      Rincian bank dalam Formulir pengembalian jika pembayaran melalui bank transfer.
3.      Sertakan formulir pengembalian dalam bentuk cetak di setiap paket pengembalian.
4.      Alasan pengembalian harus bersifat sah dan persetujuan pengembalian barang terpenuhi.
Kita bisa memeriksa status pengembalian kita di "status order" Lazada. Kemudian proses pengembalian dimulai setelah pihak Lazada menyelesaikan proses evaluasi produk yang kita kembalikan. Kita akan menerima sms/email ketika proses tersebut telah selesai.

VOUCHER DAN PROMOSI
Voucher hanya bisa digunakan pada saat konfirmasi pesanan. Lazada tidak bisa menambahkan voucher ke dalam sistem sehingga kita harus memasukkan kode voucher di langkah pembayaran selama konfirmasi pesanan. Sebagai catatan, kita hanya bisa menggunakan 1 voucher per transaksi. Sementara itu, untuk dapat mengetahui tentang promosi penjualan Lazada kita bisa mendaftar newsletter Lazada. Disitu kita bisa mendapatkan informasi tentang produk terbaru dan kita bisa menikmati penawaran eklusif. Lazada juga menawarkan pelayanan Marketplace yaitu penjual yang memasarkan atau menjual produknya di Lazada dan memproses pesanan. Selain itu, penjual juga menyediakan berbagai produk, harga dan informasi dari produk.

KEAMANAN
Pihak Lazada telah mengantisipasi mengantisipasi kemungkinan masalahkeamanan yang berkaitan dengan tercurinya database mereka denganmenggunakan firewall pada sistemnya. Kemudian pihak Lazada juga menggunakan enkripsi dengan menggunakan Secure Socket Layer (SSL) coding yang diklaim oleh operator situs bahwa dapat menjamin keamanan 100% dari pencurian oleh cracker. Oleh karena itu users dihimbau untuk tidak mengirimkan rincian lengkap kartu kredit dan debit di enkripsi komunikasi elektronik.

KESIMPULAN
Lazada.co.id baru berdiri sekitar 3 tahun. Tetapi jika dilihat dari kesuksesan yang diraih perusahaan bagaimana kita melihat isi dari website mereka, terlihat lebih banyak barang yang ditawarkan. Memang ini masih sangat jauh, karena sistem dari Lazada sendiri yang lebih berfokus kepada regional, tidak seperti amazon yang bisa melayani seluruh dunia. Lazada lebih banyak disebar diberbagai negara, dimana untuk wilayah asia tenggara, Indonesia lah yang menjadi cabang pertama dari Lazada. Keunggulan Lazada adalah mereka berfokus kepada daerah layanan mereka sendiri yang lebih bersifat regional, seperti Lazada ID berfokus kepada pelayanan kepada konsumen diseluruh Indonesia.

Walaupun mengalami hambatan dalam melakukan penjualan di awal-awal pembentukan Lazada Indonesia, pihak Lazada sangat merespon dengan sangat baik dengan melakukan berbagai promo untuk menaikkan keinginan masyarakat berbelanja di dalam situs mereka. Sehingga jika melihat kesuksesan yang diraih oleh Lazada kita dapat menyimpulkan bahwa, sistem e-commerce yang dibawa oleh perusahaan rocket internet dengan anak perusahaanya yaitu Lazada sangat diminati oleh para konsumen. Kenaikan penjualan disebabkan karena tersedianya beraneka ragam kebutuhan elektronik dan kebutuhan lainnya yang menjadi segmen penjualan perusahaan, tidak memerlukan proses yang rumit dalam melakukan pembayaran dan konsumen diberikan kemudahan dengan pihan pembayaran dengan syarat danketentuan yang berlaku, dan dilayani dengan sistem pengiriman yang baik sehingga pelanggan yakin bahwa barang yang diterimanya selamat sampaiditujuan disamping vallue added lainnya seperti kemudahan yang didapatkan oleh konsumen yaitu bisa berbelanja hanya melalui komputer, serta memberikan pengalaman yang berbeda dibandingkan berbelanja pada toko secara fisik.
DAFTAR PUSTAKA

http://irvanarifsanianto.blogspot.co.id/2014/11/perusahaan-lazada.html


http://yannimargo.blogspot.co.id/2013/12/e-commers-dan-sistem-informasi.html


http://pengertianxyz.blogspot.co.id/2015/06/analisis-website-e-commerce-lazadacoid.html


https://unindrax1eione.wordpress.com/e-commerce/definisicontoh-dan-dampak-e-commerce/


http://octianaeni.blogspot.co.id/2013/10/apa-itu-e-commerce.html

5 comments:

  1. Find latest deals and discount for online shopping using Kode Voucher Lazada

    ReplyDelete
  2. Apakah benar pihak lazada memberikan hadiah kepada pelanggan lazada?, saya telah mandapat sms yg mengatasnamakan lazada,bahwa saya mendapatkan cek sebesar 175 jt

    ReplyDelete
  3. Apakah benar pihak lazada memberikan hadiah kepada pelanggan lazada?, saya telah mandapat sms yg mengatasnamakan lazada,bahwa saya mendapatkan cek sebesar 175 jt

    ReplyDelete
  4. Great post. Thanks for sharing this. For online shopping discount codes please try Flipkart Vouchers for buying any product online. I tried it and get 40% Discount on my all products. Try this. Its amazing.

    ReplyDelete
  5. Kemaren pesanan meja laptop lipat portable (toko SUKSESBERSAMA) sampai, tapi barang beda dengan yg saya pesan.
    Lapor via aplikasi Lazada, enggak bisa keluar formulirnya, vie email Lazada (support@lazada.co.id) ... enggak bisa kekirim ...
    Alamat SUKSESMAKMUR tidak tercantum, adanya cuma HP (0858 9142 9773)
    Gimana cara menukar barang tersebut ?
    Apa minta tolong ke : sosmed ? Youtube ? YLKI ?
    Biar rame ...

    ReplyDelete